All the information you need about the brand and its significance

Semua informasi yang Anda butuhkan tentang merek dan signifikansinya

Anda mungkin pernah mendengar pepatah lama, apalah arti sebuah nama? Kebenaran di balik itu adalah semuanya ada dalam nama. Misalnya, Anda dapat mengambil contoh Apple, Google, Tata, Microsoft, dan Reliance dan sebagainya, bahkan orang seperti Sachin Tendulkar dan Virat Kohli. Setiap orang memiliki identitas unik mereka sendiri terkait dengan nama mereka. Dalam istilah komersial, nama-nama tersebut disebut sebagai nama merek, logo, atau tanda, yang merupakan identitas organisasi.

Sebelum masuk ke itu, sangat penting untuk melakukan pendaftaran merek paling awal sebelum bisnis Anda di India untuk melindungi merek di pasar dari penggunaan yang tidak sah oleh pihak ketiga. Pendaftaran merek dagang sangat mudah tetapi merupakan proses penting bagi organisasi atau entitas bisnis mana pun. Untuk menggambarkan identitas dan kekhasan di antara para pesaing, nama merek, logo, atau merek harus diakui secara legal di pasar.

Sederhananya, branding adalah proses menggabungkan dan menggunakan gambar atau kata untuk menemukan atau mengidentifikasi perusahaan dan produknya. Merek adalah niat baik atau reputasi dimana masyarakat umum mengakui organisasi atau entitas.

Pentingnya merek di pasar.

– Untuk memberikan identitas dan pengakuan hukum terhadap produk organisasi atau entitas tersebut.

– Untuk membedakan antara organisasi dan para pesaingnya di pasar.

– Untuk mengakses hak prerogatif eksklusif dari proses atau produk atau bahan.

– Untuk menyebarluaskan dan meningkatkan penjualan organisasi.

– Untuk meningkatkan pendapatan organisasi atau entitas.

– Untuk menyebarkan reputasi dan niat baik bisnis.

– Untuk memanfaatkan beberapa aset tidak berwujud untuk membuat dan mengeksplorasi aset berwujud menjadi aset produktif.

Siapa yang dapat mengajukan permohonan untuk proses pendaftaran merek?

Merek dagang dapat diterapkan oleh siapa saja yang mengusulkan untuk menggunakan atau menggunakan nama merek, logo, atau merek untuk tujuan komersial. Pemilik merek dagang dapat berupa orang, organisasi, bisnis, perwalian amal, atau lembaga pemerintah.

Apa sajakah detail yang dapat menjadi merek dagang?

– Simbol, kata, judul, judul, nama, label, tanda tangan, angka, atau kombinasi lainnya.

– Setiap garis dasar atau pukulan, slogan, dan sebagainya digunakan untuk menjelaskan produk apa pun dengan lebih baik kepada pelanggan di pasar.

Merek dagang dapat diterapkan untuk istilah, ekspresi, lambang, perangkat, atau bahkan warna. Apa pun yang membedakan produk pihak atau perusahaan dari produk pihak lain memenuhi syarat. Namun, item tersebut harus digunakan secara komersial untuk memenuhi syarat untuk pengecualian berdasarkan undang-undang. Dan ini termasuk bisnis untuk memperbarui merek dagang setiap sepuluh tahun.

Merek dagang penting karena alasan berikut: Membedakan perusahaan Anda dari pesaing Tunjukkan asal produk Membedakan layanan Anda dari pesaing Mengizinkan cobranding dengan bisnis lain Tunjukkan jika Anda adalah anggota serikat pekerja. Selain itu, tanda bermerek dagang mengidentifikasi Anda kepada konsumen.

Ini sangat penting ketika dua bisnis di sektor yang sama, misalnya, memiliki nama yang sama.

Ada tiga kategori merek dagang yang berbeda:

Merek dagang dan merek layanan: Ini termasuk frasa, kata, atau simbol yang mengidentifikasi produk atau layanan bisnis. Merek layanan, di sisi lain, menunjukkan layanan, sementara merek dagang menunjukkan denda. Merek Kolektif: Ini mirip dengan merek dagang; di mana mereka digunakan untuk menggambarkan kelompok yang lebih besar. Anggota komunitas dapat memperoleh manfaat dari merek dagang terpadu dengan merek kolektif. Sertifikasi Tag: Tanda ini menggambarkan karakteristik produk. Misalnya, jika ada sesuatu yang seluruhnya terbuat dari kapas, itu akan memenuhi syarat untuk mendapatkan label sertifikasi.

Apa proses yang harus diikuti untuk pendaftaran merek dagang?

Nama.

– Harus mudah ditemukan dan dikenali.

– Itu harus mudah diingat untuk semua orang.

– Seseorang harus memilih logo atau nama generik.

– Itu harus identik dengan produk atau layanan.

Disarankan bahwa seseorang harus mendesain logo dari para ahli atau profesional sehingga kekhasan dan umur panjangnya akan membantu di masa mendatang di tengah persaingan pasar.

Jika merek akan didaftarkan atas nama perusahaan, dokumen perusahaan atau organisasi diperlukan. Jika merek akan didaftarkan atas nama individu, maka dokumennya diperlukan. Dokumen umum yang wajib dilampirkan antara lain, Surat Izin Usaha Toko, Kartu PAN, Tanda Daftar PPN, atau bukti usaha lainnya.

Di mana seseorang dapat mendaftar untuk itu?

Semua merek dagang dan merek terdaftar dan diatur oleh pengendali umum desain paten dan merek dagang, yang bekerja di bawah kementerian perdagangan dan industri India. Prosesnya sepenuhnya online dan hampir memakan waktu hingga tujuh hingga sepuluh hari sebelum selesai. Jika otoritas tidak menemukan keberatan dan kesalahan, maka mereka akan mengalokasikan Anda sertifikat pendaftaran merek.

Penggunaan merek atau merek dagang.

Setelah merek Anda terdaftar, Anda akan memenuhi syarat untuk menggunakan simbol ™ setelah nama logo Anda. Setelah seluruh proses pendaftaran selesai, dan pertanyaan dari departemen dan penyelesaian tidak ada keberatan dilakukan, maka Anda akan diizinkan untuk menggunakan tanda ® di belakang nama atau logo Anda.